Minggu, 21 Juni 2015

Karangan Eksposisi, Argumentasi, Narasi, Persuasi, Deskripsi



Karangan Eksposisi

            Kerusakan lingkungan hidup merupakan deteorisasi lingkungan yang ditandai dengan hilangnya sumber daya tanah, air, udara, punahnya fauna liar, dan kerusakan ekosistem. Kerusakan lingkungan merupakan salah satu ancaman yang paling berbahaya untuk kelangsungan hidup manusia. The World Resources Institutes (WRI), United Nations Environment Progrramme (UNEP), dan Bank Dunia telah melaporkan tentang pentingnya lingkungan dan kaitannya dengan kesehatan manusia. Manusia saat ini sungguh tidak meyadari bahwa penting sekali untuk menjaga lingkungan mereka sendiri demi kelangsungan hidup mereka dimasa depan. Kenyataan yang terus berlangsung saat ini, kerusakan lingkungan semakin menjadi seiring pertambahan manusia dimuka bumi. Manusia saat ini semakin serakah dan tidak memperhatikan lingkungan.

            Pada dasarnya kerusakan pada lingkungan hidup terjadi karena dua faktor. Baik faktor alami ataupun karena faktor tangan-tangan usil manusia. Faktor alami bisa terjadi karena banyaknya bencana alam dan cuaca yang tidak menentu menjadi penyebab terjadinya kerusakan lingkungan hidup. Sedangkan kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh keusilan tangan-tangan manusia bisa saja terjadi jika manusia melakukan eksploitasi sumber daya alam secara berlebihan. Penyebab kerusakan lingkungan akibat ulah manusia merupakan penyebab tertinggi dan sangat berpengaruh daripada faktor alam yang terjadinya tidak setiap hari. Kerusakan lingkungan yang sangat menjadi perhatian di Indonesia adalah kerusakan terhadap hutan yang terjadi hampir setiap tahunnya. Berdasarkan catatan Kementrian Kehutanan Republik Indonesia yang dikutip oleh WWF, sedikitnya 1,1 juta hektar atau 2% dari hutan Indonesia menyusut setiap tahunnya. Data Kementrian Kehutanan menyebutkan dari sekitar 130 juta hektar hutan yang tersisa di Indonesia, 42 juta hektar diantaranya sudah habis ditebang. Tulisan ini akan membahas lebih lanjut lagi tentang kerusakan hutan yang terjadi di Indonesia, yang diharapkan pada akhirnya siapapun yang membaca tulisan ini akan menyadari betapa pentingnya lingkungan bagi kelanjutan hidup anak-cucu atau generasi Indonesia di masa depan.

 Karangan Narasi

Liburan kali ini saya bersama teman-teman kuliah. Saya dengan beberapa orang teman berlibur ke kota dengan sejuta budaya yaitu kota ngayogyakarto atau bisa sering disebut Yogyakarta. Yapss kota Yogyakarta adalah kota dengan sejuta budaya dan nilai-nilai leluhur yang masih terjaga. Kota Yogyakarta juga terkenal dengan kota pelajar entah darimana julukan itu bisa tercetus mungkin kota Yogyakarta banyak pelajarnya  atau banyak lembaga pendidikan. Padahal dikota lain juga banyak pelajarnya hahaha, Lupakan.

Singkat cerita kami pun berangkat menggunakan  kereta api kelas ekonomi tujuan Yogyakarta pada pukul 21.00. harga tiket kereta ekonomi tujuan Yogyakarta seharga Rp 35.000,-. Dan kami langsung membeli tiket PP atau pulang pergi agar mempermudah kami saat pulang kembali menuju Jakarta jadi total pembelian tiket Rp 70.000 rupiah per/orang. Perjalanan dari Jakarta – Yogyakarta sekitar 9 jam. Kami pun menempati kursi kami masing-masing. Setibanya di Yogyakarta pukul 06.00 pagi kami turun di stasiun kereta api  lempuyangan. Kami pun bergegas membawa tas masing-masing lalu keluar stasiun. Diluar stasiun lempuyangan terdapat mobil sewaan yang bisa mengantarkan kami ketempat tujuan yaitu kerumah eyang saya. Kami naik mobil sewaan dengan tarif 10.000 per orang. Lalu kami menyewa 2 mobil. Kami pun menuju rumah eyang saya yang terletak di desa bangun harjo imogiri bantul Yogyakarta kurang lebih 20 menit dari stasiun kereta api lempuyangan.

Keesokan harinya kami berangkat menuju ke candi Borobudur. Kami menggunakan 2 mobil pribadi. Perjalanan menghabiskan waktu 2 jam menuju candi Borobudur yang terletak di kota Magelang. Sebelum memasuki kawasan candi borobudur kami membayar tiket masuk seharga Rp 35.000,- /orang. Kami berkeliling dan foto-foto biar ada kenangannya buat anak cucu kami nanti kalau kami sudah pernah ke candi Borobudur yang termasuk 7 keajaiban dunia. Diluar area dekat Borobudur banyak sekali penjual cinderamata seperti kaos, kerajinan tangan , asesoris dan panjangan dengan harga yang sangat terjangkau. Seperti kaos seharga Rp 15.000 asesoris seperti gelang,kalung, cincin mulai dari Rp 5.000,- sampai puluhan ribu rupiah . Setelah puas berjalan-jalan dan mengagumi kemegahan candi Borobudur kami kembali pulang.

Karangan Argumentasi
Kesenjangan sosial di ibukota Jakarta makin sangat terlihat. Dimana semakin banyak bangunan bangunan yang menjulang tinggi di bangun tapi di sekililing wlayang itu masih banyak orang-orang yang tidak mempunyai rumah yang layak huni. Sangat miris melihat yang terjadi di ibukota Jakarta yang dimana disebut kota metropolitan yang hingar bingar dengan gemerlap dunia dan kemewahan yang ada di ibukota Jakarta.
Pemerintah semestinya menggunakan dengan mata, hati, teilnga mereka untuk peka terhadap hal ini yang terjadi. Jangan hanya mengurusi kebutuhan perut dan golongannya saja, masih banyak hal yang penting diurusi untuk kepentingan warga Jakarta bahkan Indonesia. Kesenjangan makin di perparah dengan mudahnya pemerintah dki Jakarta mengijinkan banyaknya mol dan apartemen mewah untuk dibandung sedangkan warga miskin semakin tertindas karena banyak rumah mereka di gusur untuk dibangun mol dan apartemen yang mewah.
Rakyat kecil hanya bisa bungkam dengan semua yang terjadi. Mengadu kepada pemerintah pun seolah bisu,tuli dan buta melihat apa yang terjadi di lapangan. Mereka hanya bisa berucap manis ketika kampanye untuk dipilih sebagai wakil dari rakyat. Ketika sudah terpilih mereka lupa apa dengan ucapkan manis dan janji-janji hampa yang mereka lontarkan dengan mulut manis mereka.    

Karangan Persuasi
Buah adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan gizi, vitamin dan mineral yang pada umumnya sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Dibandingkan dengan suplemen obat-obatan kimia yang dijual di toko-toko, buah jauh lebih aman tanpa efek samping yang berbahaya serta dari sisi harga umumnya jauh lebih murah dibanding suplemen yang memiliki fungsi yang sama.
Buah mempunyai khasiat dan manfaat sehat dari beberapa jenis buah yang ada di bumi seperti buah tomat yang mengandung vitamin A, B1 dan C. Tomat dapat membantu membersihkan hati hati dan darah kita dan tomat dapat mencegah beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti : gusi berdarah, rabun senja / kotok ayam, penggumpalan darah., usus buntu, kanker prostat dan kanker payudara. Buah pepaya mengandung vitamin C dan provitamin A. Pepaya dapat membantu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan. Pepaya dapat mebuat lancar saluran pencernaan makanan. Pepaya dapat menanggulangi atau mengobati beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti : menyembuhkan luka, menghilangkan infeksi, menghilangkan alergi. Buah pisang mengandung vitamin A, B1, B2 dan C, pisang dapat membantu mengurangi asam lambung, pisang bisa membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh, pisang dapat menanggulangi atau mengobati beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti :gangguan pada lambung, penyakit jantung dan stroke, stress, menurunkan kadar koleterol dalam darah. Dan masih banyak lagi buah yang sangat berkhasiat untuk tubuh manusia. Untuk menjadi sehat alami tanpa bahan kimia makanlah berbagai buah secukupnya setiap hari demi kesehatan badan kita yang sangat berharga.

Karangan Deskripsi

     Saya bertempat tinggal di Ibukota Negara yaitu Jakarta. Jakarta merupakan pusat pemerintahan, bisnis, teknologi. di jakarta kita bisa melihat gedung-gedung bertingkat, apartement, mall, pelabuhan, tempat pariwisata,kuliner,museum sejarah dan pabrik pabrik-pabrik besar. seiring dengan perkembangan jaman 2015 sekarang, jakarta menjadi tempat tujuan mencari nafkah bagi para pendatang dari luar wilayah jakarta. Karena di jakarta ini banyak sekali industri-industri,serta kantor-kantor dan pusat kegiatan bisnis lainnya yang membutuhkan karyawan atau pekerja. di samping itu dengan adanya kegiatan-kegiatan untuk mencari nafkah tersebut membuat populasi di jakarta ini semakin meningkat dan padat .

     Banyak orang dari luar wilayah jakarta nekat datang ke jakarta untuk memperbaiki keadaan ekonomi, mereka yang dari luar jakarta nekat datang ke jakarta tanpa mempunyai keahlian yang penting bagi mereka bisa datang ke jakarta untuk memperbaiki keadaan ekonomi mereka. dan dari tidak mempunyai keahlian tersebut membuat mereka menjadi pengangguran, hal ini membuat timbulnya berbagai macam masalah yang ada di jakarta yaitu seperti masalah kepadatan penduduk di jakarta meningkat, masalah tingkat pengangguran meningkat, masalah tingkat kriminalitas meningkat, tingkat kemacetan meningkat, timbulnya masyarakat yang membuang sampah sembarangan dan menyebabkan banjir, dan tingginya populasi kendaraan yang ada di jakarta membuat udara jakarta tidak sehat, dan timbulnya gembel dan pengemis yang berkeliaran di jakarta.

     Pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama untuk membangun jakarta menjadi ibu kota yang nyaman aman dan tentram. pemerintah harus memberikan pelatihan-pelatihan bagi masyarakat yang belum mempunyai keahlian di bidang apapun, sehingga kita sebagai masyarakat dapan mempunyai keahlian dan bekerja. hal itu membuat penurunan tingkat pengangguran dan tingkat kriminalitas, dan kita sebagai warga masyarakat dki jakarta harus taat dan patuh pada peraturan yang ada di jakarta seperti tidak membuang sampah sembarangan, yang dapat menurunkan tingakat banjir di jakarta, serta kita sebagai masyarakat harus saling membantu satu sama lain demi mewudujkan jakarta aman nyaman dan tentram.


0 komentar:

Posting Komentar