Rabu, 26 November 2014

3D Display Method


- 3D / 3 dimensi

Atau biasa disingkat 3D atau disebut ruang, adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Istilah ini biasanya digunakan dalam bidang seni, animasi, komputer dan matematika.
Metode berasal dari Bahasa Yunani methodos yang berarti cara atau jalan yang ditempuh. Sehubungan dengan upaya ilmiah, maka, metode menyangkut masalah cara kerja untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan. Fungsi metode berarti sebagai alat untuk mencapai tujuan, atau bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu.



Display:
Transformasi akhir, dari ruang koordinat tampilan (screen-space coordinate) ke viewport coordinate
Tahap rasterisasi melakukan scan objek dan mengkonversinya ke dalam pixel.
Melakukan interpolasi parameter
Melakukan beragam operasi 2D
- Parallel Projection

Parallel Projection / proyeksi parallel, misal terdapat objek, suatu objek di proyeksikan terhadap bidang sepanjang garis secara parallel. Dengan menggunakan metode ini ukuran dan bentuk objek tidak berubah.


Teknik ini merupakan teknik dasar dalam penyajian objek 3D pada layar 2D yang bertumpu pada 3 sudut pandang. Pandangan depan, pandangan samping dan pandangan atas. Pada proyeksi paralel, suatu objek diproyeksikan terhadap bidang sepanjang garis secara paralel.  Dengan menggunakan metode ini ukuran dan bentuk objek tidak berubah. 


- Perspective Projection

Perspective Projection / persfeksi proyeksi adalah proses transformasi dari koordinat 3D World ke 2D image, yang dilakukan berdasarkan: Continuous Perspective Projection  dan optics.

Pada proyeksi perspektif, objek diproyeksikan pada bidang sepanjang garis yang berpusat pada satu titik yang disebut Projection Reference Point atau Center of Projection (pusat proyeksi).  Dengan menggunakan metode ini, terjadi perubahan bentuk dan ukuran objek, karena setiap objek yang mendekati titik pusat proyeksi akan berukuran lebih kecil daripada aslinya.

Berdasarkan posisi garis terhadap areagambar maka garis dapat dibedakan menjadi:
Bagaimana menentukan visible dan invisible line?
Fully visible : (x1 ≥ xmin) dan (x1 ≤ xmax) dan (y1 ≥ ymin)
dan (y1 ≤ ymax) dan (x2 ≥ xmin) dan (x2 ≤ xmax) dan
(y2 ≥ ymin) dan (y2 ≤ ymax)
Partially visible : coba sendiri dan anda akan menemukan bahwa tidak mudah melakukan hal tersebut


- Surface Rendering
Surface Rendering melibatkan pengaturan intensitas permukaan benda sesuai dengan kondisi pencahayaan di tempat tersebut. Kondisi pencahayaan menentukan intensitas dan posisi dari sumber cahaya dan penerangan latar belakang. Di sisi lain, karateristik permukaan benda menentukan tingkat transparansi dan kelancaran, kasar atau lembutnya permukaan. 

0 komentar:

Posting Komentar