-
3D / 3 dimensi
Atau biasa disingkat 3D
atau disebut ruang, adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan
tinggi. Istilah ini biasanya digunakan dalam bidang seni, animasi, komputer dan
matematika.
Metode berasal dari
Bahasa Yunani methodos yang berarti cara atau jalan yang ditempuh. Sehubungan
dengan upaya ilmiah, maka, metode menyangkut masalah cara kerja untuk dapat
memahami objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan. Fungsi metode
berarti sebagai alat untuk mencapai tujuan, atau bagaimana cara melakukan atau
membuat sesuatu.
Display:
Transformasi akhir,
dari ruang koordinat tampilan (screen-space coordinate) ke viewport coordinate
Tahap rasterisasi
melakukan scan objek dan mengkonversinya ke dalam pixel.
Melakukan interpolasi
parameter
Melakukan beragam
operasi 2D
- Parallel Projection
Parallel Projection /
proyeksi parallel, misal terdapat objek, suatu objek di proyeksikan terhadap
bidang sepanjang garis secara parallel. Dengan menggunakan metode ini ukuran
dan bentuk objek tidak berubah.
Teknik ini merupakan
teknik dasar dalam penyajian objek 3D pada layar 2D yang bertumpu pada 3 sudut
pandang. Pandangan depan, pandangan samping dan pandangan atas. Pada proyeksi
paralel, suatu objek diproyeksikan terhadap bidang sepanjang garis secara paralel. Dengan menggunakan metode ini ukuran dan
bentuk objek tidak berubah.
- Perspective Projection
Perspective Projection
/ persfeksi proyeksi adalah proses transformasi dari koordinat 3D World ke 2D
image, yang dilakukan berdasarkan: Continuous Perspective Projection dan optics.
Pada
proyeksi perspektif, objek diproyeksikan pada bidang sepanjang garis yang
berpusat pada satu titik yang disebut Projection Reference Point atau Center
of Projection (pusat proyeksi).
Dengan menggunakan metode ini, terjadi perubahan bentuk dan ukuran objek,
karena setiap objek yang mendekati titik pusat proyeksi akan berukuran lebih
kecil daripada aslinya.
Berdasarkan
posisi garis terhadap areagambar maka garis dapat dibedakan menjadi:
Bagaimana
menentukan visible dan invisible line?
Fully
visible : (x1 ≥ xmin) dan (x1 ≤ xmax) dan (y1 ≥ ymin)
dan
(y1 ≤ ymax) dan (x2 ≥ xmin) dan (x2 ≤ xmax) dan
(y2
≥ ymin) dan (y2 ≤ ymax)
Partially
visible : coba sendiri dan anda akan menemukan bahwa tidak mudah melakukan hal
tersebut
-
Surface Rendering
Surface Rendering melibatkan
pengaturan intensitas permukaan benda sesuai dengan kondisi pencahayaan di
tempat tersebut. Kondisi pencahayaan menentukan intensitas dan posisi dari
sumber cahaya dan penerangan latar belakang. Di sisi lain, karateristik
permukaan benda menentukan tingkat transparansi dan kelancaran, kasar atau
lembutnya permukaan.
0 komentar:
Posting Komentar