Sistem
Informasi Manajemen Rumah Sakit
Sistem Informasi
Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi
yang disiapkan untuk menangani keseluruhan proses manajemen Rumah Sakit, mulai
dari pelayanan diagnosa dan tindakan untuk pasien, medical record, apotek, gudang
farmasi, penagihan, database personalia,
penggajian karyawan, proses akuntansi sampai dengan pengendalian oleh
manajemen.
Manfaat yang didapatkan
Rumah Sakit dengan menggunaan SIMRS ini adalah:
- Proses-proses
manajemen rumah sakit bisa terintegrasi antara satu bagian dengan bagian
lainnya.
- Pengendalian stok
obat dan alkes multi gudang (multi apotek / floorstock) bisa dilakukan dengan
lebih mudah karena posisi stock up to date-nya bisa diketahui setiap saat.
- Penagihan kepada
pasien bisa dibuat dalam sebuah single billing statement untuk semua jasa
perawatan yang telah diterima pasien.
- Riwayat penyakit dan
perawatan (medical record) pasien bisa dikelola dan dipanggil dengan cepat dan
otomatis.
- Analisis statistik
diagnosa dan pembedahan terhadap pasien telah disesuaikan dengan standard yang
telah ditetapkan WHO.
- Memudahkan proses
budgeting dan pengendalian realisasinya.
- Memudahkan penyusunan
rencana cash-flow dan pengendalian arus kas maupun bank.
- Dengan SIMRS, resiko
keterlambatan pembayaran atau penagihan hutang piutang bisa dikurangi.
- Menjaga konsistensi
data (data consistency) karena menggunaan data bersama (data sharing) baik data
master (database pasien, dokter, perawat, karyawan dan obat) maupun data
transaksi.
- Pemanfaatan data keluaran
/ output dari suatu modul oleh modul lain (sebagai masukan / input) sehingga
bisa dihindari adanya redundansi proses antar bagian.
- SIMRS memberikan
kemudahan dalam pembuatan laporan di semua unit, cepat dan akurat.
- Pencetakan nota
pembayaran, kuitansi, surat menyurat bisa dilakukan dengan mudah.
- Efisiensi waktu entri
data (entry time) karena hanya dilakukan sekali oleh bagian yang paling
berkompeten.
- Efisiensi kerja
karyawan menjadi meningkat karena beberapa proses rutin seperti pembuatan laporan
atau perhitungan-perhitungan dilakukan secara otomatis dan cepat. Dengan
demikian karyawan lebih bisa berkonsentrasi kepada hal-hal yang bersifat
stratgis dll.
0 komentar:
Posting Komentar